Advertising

Rabu, 30 Mei 2012

Bermain angklung sebagai apresiasi kepada kebudayaan Indonesia untuk dunia.



Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa Sunda diPulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

Berita angklung untuk kita :

1.    1.  Permainan angklung akan dicatat sebagai rekor dunia oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Sebanyak 600 orang warga Indonesia yang menumpang kapal pesiar terbesar keempat di dunia "Voyagers of the Seas" akan memainkan angklung saat berada di perbatasan laut Malaysia dan Thailand pada hari Jumat (1/6).  Kapal Pesiar "Voyagers of the Seas" merupakan kapal pesiar terbesar keempat di dunia dengan rute Singapura-Malaysia-Thailand, dan memiliki 15 lantai. (R021)

      2.  New York (ANTARA News) - Indonesia berhasil menggalang pembuatan rekor dunia "Guinness World Records" permainan angklung dengan peserta multibangsa terbanyak setelah lebih dari 5.000 orang mampu memainkan lagu "We Are the World" di Washington DC, Amerika Serikat, Sabtu petang (9/7).  Lagu ciptaan Michael Jackson dan Lionel Richie itu berhasil dimainkan para peserta di bawah panduan yang diberikan oleh Daeng Udjo dari Saung Angklung "Udjo" di Bandung, Jawa Barat. Pencetakan rekor dunia itu berlangsung di taman National Mall-Washington Monument, yang lokasinya antara lain menghadap Capitol Hill (Gedung Kongres AS) serta berseberangan dengan Gedung Putih, yaitu kantor dan kediaman resmi Presiden AS.

      3.  REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Musik tradisional angklung yang dimainkan pemilik dan keluarga toko bahan bangunan mitra PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Ahad (27/5), dinyatakan memecahkan rekor dunia sebagai permainan angklung terbanyak yang di bimbing oleh pemimpin Saung Udjo, Daeng Udjo yang memandu langsung 8.000 keluarga pemilik toko bangunan itu.  Prestasi yang diukir atas prakarsa Indocement itu memecahkan permainan ensambel angklung, yang dimainkan 5.182 orang di National Mall Washington, DC, Amerika Serikat, pada Juli 2011.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar